Kunyit atau kunir, merupakan salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini,
baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunir selain digunakan sebagai bumbu masakan juga berfungsi sebagai obat. Umbinya berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, membuang gas berlebih di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah.

Selain itu, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat anti gatal, anti septic dan anti kejang, mengurangi pembengkakan selaput lendir pada mulut serta menghilangkan bau badan tak sedap.

Cara penggunaannya bisa dalam bentuk perasan atau ekstrak. Bisa juga di gunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Jika anda mengalami gangguan hidung tersumbat, maka kunyit bisa dibakar kemudian menghirupnya.

Penggunaan kunyit instan sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu hamil), karena dikawatirkan terdapat kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi ibu dan janinnya. Jika memang diperlukan, hendaklah mengkonsumsinya secara alamiyah. (wikipedia)


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Link Sahabat

Link yang bermanfaat

Social Icons

Posting Terkini

Pengnjung Via Map

Featured Posts