Luar biasa! Pada tahun 1986 Badan dunia WHO merekomendasikan penggunaan siwak. Banyak penelitian ilmiyah melaporkan bahwa ekstrak tanaman siwak pada konsentrasi yang tinggi dapat disandingkan dengan zat desinfektan oral dan anti plak lain, yaitu triklosan dan klorheksidin glukonat.

Riset terakhir pada tahun 2007 yang dilakukan oleh para peneliti di perusahaan Wrigley dalam laporannya di Jurnal Agrikultur dan Kimia Bahan Pangan membuktikan, bahwa batang kayu tanaman Magnolia (satu divisi dengan siwak, yaitu Magnoliofita) memiliki efek anti bakteri yang tinggi terhadap bakteri penyebab bau mulut. Di dalam siwak juga terdapat zat anti pembusukan dan antigermal system yang berfungsi menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses terjadinya pembusukan.

Siwak sendiri sudah dikenal sejak jaman Nabi dan para sahabat, namun penelitiannya baru dilakukan pada abad ke-19. Ketika itu siwak digunakan sebagai alat untuk membersihkan gigi. Di sisi lain siwak juga bermanfaat untuk menguatkan daya ingat dan menjadikan seorang hamba mudah melafadzkan kalimat tauhid ketika sakaratul maut sebagaimana telah disampaikan oleh Rasululloh shollalloohu ‘alaihi wa sallam. Subhanallooh!



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Link Sahabat

Link yang bermanfaat

Social Icons

Posting Terkini

Pengnjung Via Map

Featured Posts