Siapa yang tidak kenal dengan jahe. Nama jahe sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia, terlebih para ibu-ibu yang punya hobi memasak. Selain juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ternyata jahe mengandung bayak sekali manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah mengurangi rasa sakit akibat gangguan menstruasi, mual dan flu, meningkatkan kesehatan tulang serta dapat juga meningkatkan aktivitas seksual (lemah syahwat).

Rasa jahe yang agak pedas dan sifatnya yang menghangatkan sering digunakan untuk mengatasi masalah tenggorokan. Kerena termasuk dalam kategori tanaman Zingiberaceae (temu-temuan), maka dalam pertumbuhannya jahe bisa berkembang dan tumbuh subur pada tanah dengan ketinggian antara 0 sampai 1500 meter di atas permukaan laut.

Jahe tidak hanya terkenal sebagai esensi dan rempah-rempah saja, akan tetapi merupakan salah satu tanaman obat tertua dalam tradisi herbal dan aromatic, khususnya di cina, India dan Timur Tengah. Di Cina , jahe telah digunakan selama lebih dari 2000 tahun untuk menyembuhkan peradangan dan diare.

Jahe dalam bahasa Arab dikenal dengan nama Zanjabil. Al Quran menggambarkan bahwa zanjabil adalah salah satu minuman para penghuni surga. Hal ini menunjukkan betapa besar manfaatnya.

Berdasarkan pada pengalaman dan penelitian jahe bermanfaat sebagai,

1. Penurun tekanan darah tinggi. Jahe mempunyai kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin, sehingga darah dapat mengalir lebih cepat dan lebih lancer.
2. Memperlancar proses pencernaan. Kandungan enzim protease dan lipaseberfungsi mencerna protein serta lemak dalam tubuh sehingga mempermudah jalannya proses pencernaan.
3. Membantu membersihkan tubuh dari darah kotor melalui keluarnya keringat dari dalam tubuh.
4. Mengobati mual dan muntah, menambah nafsu makan, memperkuat otot usus, mengatasi batuk.
5. Mencegah penggumpalan darah karena daam jahe mengandung gingerol yang dapat mencegah penggumpalan darah.
6. Menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Link Sahabat

Link yang bermanfaat

Social Icons

Posting Terkini

Pengnjung Via Map

Featured Posts